Jawa Travel

Sedikit cerita dari Baduy Luar

on
16 Maret 2018

Oke sekarang kita berbagi ilmu sedikit tentang Baduy Luar

IMG20171015072520.jpg       Informasi yang saya bagikan ini diperoleh berdasarkan sharing dengan salah seorang pemuda Baduy Luar bernama kang Mul ketika kami melakukan kunjungan ke desa Kaduketuk di kawasan adat Baduy pada akhir 2017 lalu. Banyak yang mengajukan pertanyaan karena saking penasarannya dengan seluk beluk suku ini. Masyarakat umum mengenal suku ini dengan nama Baduy meskipun mereka lebih suka disebut sebagai urang Kanekes. Nama Baduy berasal dari penuturan bangsa Belanda pada zaman penjajahan.

          Total populasi masyarakat Baduy Luar dan Dalam saat ini kurang lebih 11.700 jiwa. Hampir semuanya berprofesi sebagai petani. Keseluruhan masyarakat dipimpin oleh ketua adat yang disebut Puun. Meskipun memiliki pemimpin sendiri dan hidup diluar kebiasaan masyarakat pada umumnya namun masyarakat Baduy tetap berada dibawah naungan pemerintah kabupaten Lebak. Sebagai bentuk silaturahmi dan penghormatan pada pemerintah setiap tahun masyarakat Baduy mengadakan acara Seba. Semua warga Baduy berbondong-bondong berjalan kaki menuju balai kota membawa hasil panen mereka untuk diberikan pada Bupati Lebak.

        Suku Baduy Luar dan Baduy Dalam dapat dibedakan berdasarkan cara berpakaian, wilayah, dan cara hidupnya. Baduy Dalam menggunakan baju berwarna putih dan ikat kepala putih sementara Baduy Dalam menggunakan baju berwarna hitam atau nuansa gelap dan ikat kepala berwarna biru yang merupakan batik khas Baduy. Secara wilayah suku Baduy Dalam menempati tiga desa yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Sementara suku Baduy Luar menempati desa-desa disekitarnya seperti Ciboleger, Kaduketuk, dan Cisagu. Dalam menjalani kesehariannya suku Baduy Dalam masih sangat tertutup akan teknologi jika dibandingkan dengan Suku Baduy Luar yang sudah mulai terbuka dengan teknologi namun masih tetap dalam batas tertentu, teknologi yang masih selaras dengan prinsip hidup sederhana mereka. Meski demikian suku Baduy Luar bukanlah ‘buangan’ suku Baduy Dalam seperti banyak kabar yang beredar di masyarakat. Baduy Luar berfungsi sebagai penyaring modernisasi dan teknologi pada suku Baduy.

       Anak-anak suku Baduy tidak mengecap bangku pendidikan seperti di sekolah formal. Mereka belajar pada alam dengan mencontoh apa yang dilakukan orang tua mereka, seperti bercocok tanam dan menenun. Wanita-wanita Baduy menenun berbagai macam motif kain untuk dijual kepada pengunjung sebagai cinderamata. Motif-motif kain yang ditenun wanita Baduy sangat beragam, tercatat sudah 20 motif kain yang dipatenkan menjadi motif khas Baduy.

             Ditengah terpaan modernisasi dan teknologi, suku Baduy dengan prinsip-prinsip hidupnya masih bertahan untuk menjaga alam dan keseimbangan hidupnya. Mereka adalah contoh bahwa hidup dan menjaga keseimbangan alam sangat bisa dilakukan. Mereka adalah pelajaran bagi kita manusia jaman sekarang yang cenderung hidup ‘berlebihan’ dengan teknologi sehingga lupa bahwa sistem pendukung kehidupan pun perlu dijaga. Kita mungkin perlu belajar kembali pada masyarakat adat ini bagaimana bertanggung jawab pada sang Pencipta akan ciptaannya yang dititipkan pada kita.

IMG20171015072520.jpg

TAGS
RELATED POSTS
0 Comments
  1. Balas

    antin aprianti

    18 Maret 2018

    Suku baduy ini ada yang kerja di luar wilayah baduy ngga sih?

  2. Balas

    estalinafebiola

    18 Maret 2018

    Kalo gue ngga salah liat, pakaian buat baduy dalam di artikel ada yg pake baju putih & hitam yah ?..
    Ada kriterianya ngga, sipa yang boleh jadi penghuni Baduy Luar atau Baduy Dalam?..

    Btw, nice info yah, tadinya gw pikir Baduy luar itu “buangan” dari Baduy Dalam 🙂

  3. Balas

    dewirtd

    18 Maret 2018

    orang baduy dalam hebat banget, jalan kaki kemana-mana dan jalannya cepat banget

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Agnes Nainggolan
Indonesia

Hi my name is Agnes and it's my time turner! I use this notes to tell people my story and all of good things I could get about life. Through all the places and things I see around the world, there isn't a best way to share my experience, follow my updates and discover with me the essence of life! and don't forget to share yours too!

Instagram
Instagram did not return any images.

Follow Me!