Lifestyle

Your message to the world, in a bottle

on
16 Maret 2018

Pernah berpikir untuk mengirimkan pesan di botol kaca dan dihanyutkan ke laut?
Pernah berharap seseorang akan membacanya dan punya seorang sahabat pena?
Pernah memimpikan punya seorang teman dari belahan dunia lain?

Well, saya punya jawabannya *dengan nada ngiklan

        Melihat jaman yang sudah sangat canggih saat ini ide iseng bersahabat pena lewat pesan dalam botol dan dihanyutkan ke laut adalah hal yang sangat konvensional alias jadul. Tapi ide tersebut bukan tak mungkin dilakukan, hanya saja cara yang lebih modern yaitu memanfaatkan koneksi internet.

screenshot_2018-03-02-21-41-48-611.png    Ide ini tertuang dalam sebuah aplikasi di Playstore bernama bottled. Saya menemukan aplikasi ini di Playstore ketika sedang menelusuri aplikasi untuk praktik bahasa inggris. metode praktik bahasa yang cukup unik sepertinya. Berhubung si ‘pesan dalam botol’ ini akan terkirim ke antah berantah di belahan dunia lain tentu saja perlu sedikit kemampuan bahasa inggris baik formal maupun informal. Saya pikir aplikasi ini cukup sesuai dengan apa yang saya butuhkan, cuss kemudian saya unduh.

      Aplikasi ini bisa di unduh secara gratis di Playstore. Setelah diunduh kita akan diminta untuk registrasi seperti aplikasi pada umumnya. Kamu akan diminta membuat username, memasang foto profil, dan melengkapi beberapa data lainnya. Setelah data selesai kita siap mengirimkan pesan ke belahan dunia lain 😀 Awalnya kita akan dibekali dua botol untuk mengirimkan pesan, kita bisa tulis apapun yang kita harapkan bisa dibaca orang lain. Bisa berupa kata-kata motivasi, perkenalan diri, sekedar say hi, bahkan curhat. Pesan yang siap kirim kemudian kita lemparkan ke “lautan maya” dan beberapa saat kemudian akan sampai di suatu negara. Setelah itu tinggal tunggu pesan kamu disambut dan dibalas oleh seseorang di seberang sana.

        Fitur yang ditampilkan cukup simpel dan mudah dipahami. Halaman awal adalah “seashore” alias pantai dimana pesan-pesan dan harta karun berada, kemudian ada ikon chat yang memunculkan riwayat percakapan dengan teman, ikon write untuk menulis pesan baru, dan ada ikon profil yang berisi beberapa data pribadi, daftar botol yang sedang melaut, serta daftar negara yang sudah dikunjungi.

       Gampang kan? Daripada repot-repot menghanyutkan botol kaca beneran ke laut, selain pesan yang sampai entah kapan, belum tentu juga ada yang baca, bahkan botol yang kita hanyutkan justru mencemari lingkungan,. Tentu cara ini jauh lebih mudah untuk menjalin pertemanan. Namun tetap harus diingat bahwa pesan ini bisa diterima siapa saja tanpa tahu bagaimana latar belakang orangnya. Untuk itu kita harus tetap menjaga batasan dalam komunikasi dunia maya, jangan berbagi data pribadi untuk menghindari penyalahgunaan. Cukup berbagi cerita, mimpi dan cita-cita, hal-hal yang disukai, hobi dsb. Ingat juga untuk tetap menjaga perkataan yang baik seperti pesan yang sering muncul dalam aplikasi ini “please be respectful at all times. Always keep in mind that a good person is reading you, filled with dreams and feelings.”

 

TAGS
RELATED POSTS
3 Comments
  1. Balas

    dewirtd

    16 Maret 2018

    keren ya, aku baru tahu nih ada aplikasinya. di jaman now lebih modern pesan lewat botolnya, bagus banget artikelnya

  2. Balas

    indriatigusti

    16 Maret 2018

    Wow… baru tau nih, keren terima kasih ilmunya.

  3. Balas

    estalinafebiola

    18 Maret 2018

    Nice info..
    Kapan-kapan ulas yah, tipe2 users dari aplikasi ini saat lagi berinteraksi 🙂

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Agnes Nainggolan
Indonesia

Hi my name is Agnes and it's my time turner! I use this notes to tell people my story and all of good things I could get about life. Through all the places and things I see around the world, there isn't a best way to share my experience, follow my updates and discover with me the essence of life! and don't forget to share yours too!

Instagram
Instagram did not return any images.

Follow Me!